4 Aliran Dalam Seni Lukis


4 Aliran Dalam Seni Lukis - Dalam seni lukis, terdapat beberapa aliran lukisan yang saat ini cukup banyak. Berikut adalah beberapa aliran yang ada dalam lukisan d seluruh dunia;

1. Surrealisme
Aliran lukisan surrealisme ini merupakan lukisan yang menyerupai bentuk-bentuk yang sering ditemui dalam mimpi dan sebenarnya hanya ada di gudang pikiran bawah sadar manusia. Pelukis berusaha untuk membebaskan pikirannya dari bentuk pikiran logis kemudian menuangkan setiap bagian dari objek untuk meghasilkan sensasi tertentu. Hal ini bertujuan untuk dapat dirasakan manusia tanpa harus mengerti bentuk aslinya. Salah satu tokoh yang popular dalam lukisan aliran surrealisme ini adalah Salvador Dali.

2. Kubisme
Kubisme merupakan aliran yang cenderung lukisan yang berusaha untuk mengabstraks objek-objek ke dalam bentuk-bentuk geometri. Salah satu tokoh pelukis dengan aliran kubisme ini adalah Pablo Picasso.

3. Romantisme
Romantisme merupakan aliran tertua dalam sejarah seni lukis modern Indonesia. Lukisan ini mencoba menggambarkan bangkitnya kenangan romantis dan keindahan di setiap objeknya. Salah satu tokoh lukisan aliran romatisme ini adalah Raden Saleh Syarif Bustaman.

4. Abstarksi
Abstraksi merupakan aliran lukisan yang mengusahakan untuk mengesampingkan unsur dari bentuk lukisannya. Teknik abstraksi ini berkembang pesat seiring merebaknya seni kontemporer. Hal ini merupakan suatu bentuk atau tindakan untuk menghindari peniruan objek secara mentah. Selain jenis lukisan yang telah disebutkan di atas, masih banyak pula aliran lukisan yang ada saat ini, seperti fauvisme yang menekankan pada spontanitas emosi pelukis, impresionisme, naturalisme yang menekankan pada suatu objek, ekspresionisme yang menekankan pada emosional pelukis, realisme, dan lain sebagainya.
View : 0

1 Komentar

Tinggalkan komentar buat kami

  1. wah yang punya blog kayaknya anak seni nih nice2 info nya

    BalasHapus