Jenis-jenis Tangga Nada Gitar


Halo sahabatku dimanapun anda berada.. Setelah berhari-hari gak ngurusin blog, karena disibukkan dengan urusan sekolah, sekarang saya sempatkan pagi hari ini untuk kembali berbagi dengan kalian semua..Setelah sebelumnya saya share tentang Memahami chord gitar dan juga jurus-jurus bermain gitar, Kali ini saya ingin share tentang Jenis-jenis Tangga Nada pada Gitar. Ini sangat bermanfaat buat agan2 yang masih belajar menjadi gitaris hebat.
Tangga nada atau disebut juga rangkaian not (scale) merupakan salah satu cara bagi musisi untuk melatih kecepatan, kekuatan dan kelenturan jari-jari mereka dalam bermain gitar, dan untuk kita yang baru belajar tentu saja ini berguna, untuk itu mari kita cermati pembahasan berikut ini:

kita mulai dari tangga nada major, contoh dalam tangga nada C Major, tangga nada C Major terdiri dari 7 not yaitu: C-D-E-F-G-A-B-C dan jarak (interval) dari tangga nada major adalah 1-1-1/2-1-1-1-1/2.

Setelah kita mengetahui rangkaian not pada tangga nada C Major sekarang kita lihat jenis-jenis tangga nada yang lain seperti berikut:

Tangga nada major
tangga nada major memiliki jarak/interval nada: 1-1-1/2-1-1-1-1/2. Contoh tangga nada C Major: C-D-E-F-G-A-B-C

Tangga nada minor
tangga nada minor memiliki jarak/interval: 1-1/2-1-1-1/2-1-1. Contoh tangga nada C Minor: A-B-C-D-E-F-G-A

Tangga nada pentatonic
tangga nada pentatonic memiliki jarak/interval nada: 1 1/2-1-1-1 1/2-1. Contoh tangga nada C pentatonic: C-D#-F-G-A#-C

Tangga nada Cm harmonic
tangga nada harmonic memiliki jarak/interval nada: 1-1/2-1-1-1/2-1 1/2-1/2. Contoh tangga nada Cm harmonic: C-D-Eb-F-G-A-B-C

Tangga nada Cm melodic
tangga nada melodic memiliki jarak/interval nada: 1-1/2-1-1-1/2-1 1/2-1/2.

Tangga nada C7 blues
tangga nada blues memiliki jarak/interval nada: 1-1-1/2-1-1-1/2-1.

Tangga nada diminished (8 note)
tangga nada diminished memiliki jarak/interval nada: 1/2-1-1/2-1-1/2-1-1/2-1.

Tangga nada dominant (8 note)
tangga nada dominant memiliki jarak/interval nada: 1-1/2-1-1/2-1-1/2-1-1/2. Contoh tangga nada C dominant: C-D-Eb-F-Gb-Ab-Bb-B-C.

Jenis-jenis tangga nada diatas adalah sebagian kecil saja, masih banyak sekali jenis-jenis tangga nada yang belum saya sampaikan, namun sebagai latihan buat kalian, coba susun rangkaian not tangga nada di atas.

Cukup sekian dulu post untuk kali ini sob. Terimakasih sudah bersedia mampir. Silahkan komentar untuk postingan-postingan saya, supaya saya bisa kunjungi balik blog anda.. 
View : 0

Posting Komentar

Tinggalkan komentar buat kami